Selasa, 27 Agustus 2013

USAHA HOTSPOT

LAPORAN KEWIRAUSAHAAN 




A.    Nama :
Ä  Khaerudin  (D1B409049)

B.     Jenis Usaha : Naura Hotspot

C.    Alamat         : Jln. D. I. Panjaitan, Lorong Kartensia, Lepo-lepo Kendari

D.    Modal Awal : Rp. 3.000.000,00 (Tiga Juta Rupiah)

E.     Perencanaan Usaha :
Hotspot adalah layanan internet tanpa kabel yang menggunakan teknologi Wi-Fi (802.11b). Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah istilah populer untuk jaringan wireless (tanpa kabel) dengan frekuensi tinggi. Teknologi Wi-Fi 802.11b menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang mempunyai kecepatan hingga 11 MBps. Akses Wifi dapat dapat dilakukan di lokasi-lokasi yang telah dicakup oleh sinyal Hotspot nya, misalnya di hotel, café, mal  atau  di lokasi bisnis dan komplek perumahan. Untuk akses ini, pelanggan cukup membutuhkan perangkat yang memiliki fasilitas Wi-Fi, serta username dan password  (pelanggan pasca bayar atau pun prabayar)
Melihat perkembangan kota Kendari yang sudah semakin baik, ditambah dengan adanya universitas-universitas, sekolah-sekolah dan Instansi-instansi lainnya dan ditambah dengan makin berkembang dan majunya tekhnologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi mendorong saya untuk mendirikan bisinis yang bergerak di bidang layanan Hotspot, Pulsa celuller dan  Percetakan Undangan, ini di kota Kendari.
Bisnis hotspot yang saya rencanakan ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang karena saat ini tekhnologi semakin berkembang dan maju serta kebutuhan informasi digital meningkat. Untuk layanan hotspot akan ditempatkan di Rumah kos-kosan, dimana sarana yang  disediakan yaitu tempat duduk, cuk listrik dan sebagai tambahan akan dijual juga softdrink dan makanan ringan. Sementara untuk usaha sampingan yaitu dibidang jasa rental computer (pengetikan, print, dan  cetak foto) instalasi computer, penjualan pulsa, percetakan undangan pernikahan, undangan Aqikah, dan Undangan Khitanan.

F.     Strategi memulai usaha
Sebelum menjalankan usaha ini saya melakukan pre launching dalam artian pemperkenalkan produk usaha saya ke para pelanggan agar produk saya dikenal banyak orang dengan cara melakukan sensasi untuk menarik perhatian pelanggan terhadap usaha yang akan saya jalankan, kemudian saya melakukan soft launching dalam artian melakukan pemasangan sepanduk atau baliho yang isinya bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu seperti perusahaan besar (Bank BI dan Telkom) untuk menarik animo pelanggan, selanjutnya  saya melakukan launching dengan memberikan pelayanan online gratis selama 24 jam agar pelanggan merasa tertarik untuk datang online pada hari-hari berikutnya.
Salah satu kelebihan dari usaha ini yaitu bonus online setelah delapan kali pembelian vocer online. Bisnis ini sangat menguntungkan mengingat masih sedikit kalangan yang membuka bisnis hospot khususnya di daerah lepo-lepo kota Kendari, oleh sebab itu saya berfikir membuka usaha hospot ini. Bisnis ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan seperti percetakan undangan, karena bisnis tersebut membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Dengan menerapkan strategi diharapkan ini diharapkan mendatangkan keuntungan yang besar.

G.    Setrategi Pengolahan Usaha
Strategi yang saya terapkan dalam menjalankan usaha ini yaitu sebelum dilakukan pemasangan jaringan saya melakukan survey terlebih dahulu disekitar lokasi usaha saya untuk mengetahui seberapa banyak pelaku bisnis yang menjankan usaha hotspot seperti saya khususnya di sekitaran lepo-lepo kota kendari. Sehingga usaha yang saya jalankan tidak bersaing dengan pelaku bisnis lainnya.
Setelah melakukan survey, saya menghubungi pihak Telkom untuk membicarakan seberapa besar anggaran biaya yang dikeluarkan dalam pemasangan jaringan dan biaya bulanan yang saya bayarkan kepada pihak Telkom setelah usaha ini berjalan.
Setelah terjadi kesepakan dengan pihak Telkom, maka dilakukan pemasangan kabel telfon, pemasangan speedy, dan pemasangan instalasi listrik serta pihak Telkom melakukan settingan awal untuk mengaktifkan jaringan hotspot sehingga dapat digunakan. Selanjutnya saya melakukan pembuatan voucer dengan beberapa Janis paket harga. Hal lain yang saya lakukan adalah pengontrolan terhadap seberapa banyak pelanggan yang sedang bermain internet serta memandu pelanggan yang kesulitan dalam melogin seperti memasukan username dan password. Strategi ini dilakukan secara rutin, agar tidak ada keluhan yang didapatkan dari pelanggan.

H.    Strategi Pemasaran
Untuk menarik para pelanggan, saya menerapkan harga yang jauh lebih muranh dibandingkan dengan pembisnis hospot lainnya disekitaran lepo – lepo, sehingga para pelanggan beralih untuk bermain internet di tempat usaha saya, strategi lain yang saya terapkan untuk mendatangkan para pelanggan yang lebih banyak yaitu saya bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha seperti percetakan, fotokopy dan counter-counter yang dekat dengan lokasi usaha saya. Dimana dalam kerjasama usaha ini diterapkan system pembagian hasil pada pembelian voucer yaitu 80:20% dalam artian, voucer dengan harga jual Rp. 6.000/4 jam saya mendapatkan pemasukan Rp. 4.000 dan pihak kerjasama mendapatkan pemasukan Rp. 2.000/voucer.
Dari beberapa pengamatan yang saya dapatkan, sangat jarang pelaku usaha hotspot yang memberikan diskon atau bonus kepada para pelanggannya, sehingga muncul ide dipikiran saya untuk memberikan bonus atau diskon kepada pelanggan yang bermain hostpot di tempat usaha saya. Ada beberapa jenis bonus yang akan saya berikan seperti setiap delapan kali pembelian voucer akan mendapatkan bonus online selama dua jam jika voucer tersebut ditukarkan. Selain itu setiap pelanggan yang saat membeli voucer bertepatan dengan hari ulang tahunnya akan mendapatkan bonus online sesuai dengan umur pembeli voucer tersebut.
I.       Permasalahan yang Dihadapi dalam Menjalanakn Usaha
Saat ini, hotspot semakin banyak tersedia diberbagai tempat umum, tetapi setiap kali melakukan sambungan pada suatu hotspot sebenarnya membahayakan PC atau laptop itu sendiri. Hotspot adalah jaringan tebuka yang tidak terenkripsi, sehingga ketika terhubung dengan pengguna hotspot lain, mereka dapat menyusup dan menimbulkan kerusakan pada komputer.
Peretas (hacker) menggunakan hotspot untuk mengintai atau memata-matai sinyal wireless atau menjebak agar terperangkap dalam hotspot evil twin. Hotspot evil twin ini merupakan gangguan di mana hacker menyusup dalam sinyal wireless untuk berpikir bahwa ada pengguna yang berada di area hotspot. Ketika pengguna mulai berselancar melalui evil twin tersebut, maka hacker akan memata-matai aktivitas internet pengguna hotspot. Kondisi ini memungkinkan sekali bagi pada hacker untuk mengakses Kartu kridit pengguna hotspot, jika melakukan transaksi secara daring (online).
Permasalahan yang sering timbul bisa juga disebabkan oleh banyaknya pengguna jaringan hotspot sehingga akses ke internet menjadi lambat yang berakibat adanya keluhan dari pelanggan. Pemadaman listrik dari pihak PLN juga menjadi permasalahan yang dapat mengganggu kelancaran usaha hotspot yang saya jalankan. Selai itu kurangnya pemahaman pelanggan untuk mengakses ke internet seperti memasukan username dan password, sehingga banyak sedikitnya waktu saya tersita untuk memberikan arahan kepada pelanggan.

J.      Solusi yang diambil untuk Menatasi Masalah
Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh evil twin (hecker) saya menggunakan program mikrotik. Dimana program ini tidak dapat di hecker oleh peretes (hecker) karena program ini terlindungi dan dapat dilakukan pemantauan secara terus menerus selama 24 jam. Selain itu, untuk mengatasi terjadinya kerusakan PC atau leptop yang disebabkan oleh virus saat mengakses ke internet perlu menggunakan aplikasi antivirus seperti (AVG, Avira, Avas, dll) agar PC atau leptop terlindungi dari serangan virus.
Solusi yang dapat saya ambil untuk mengatasi permasalahan jaringan yaitu menyampaikan keluhan kepada pihak Telkom agar pihak Telkom untuk menambah daya dari 1Mbps menjadi 2/3Mbps, sehingga akses internet menjadi lebih cepat dan tidak ada lagi keluhan dari pelanggan karena lambatnya akses internet.
Untuk permasalahan pemadaman lampu dari pihak PLN dilakukan pemasangan genzet sewaktu-waktu dapat digunakan saat terjadi pemadaman listrik. Semuah usaha tersebut dilakukan agar tidak adanya keluhan dari para pelanggan dan usaha yang akan saya jalankan berjalan lancer serta mendapatkan keuntungan untuk membayar iuaran yang telah ditetapkan oleh pihak Telkom sebesar Rp.400.000/bulan.

K.    Hasil atas Implementasi Solusi yang diambil
Hasil yang diperoleh dari penggunaan mikrotik dimana program ini tetap terlindungi dan dapat dilakukan pemantauan selama 24 jam. Sehingga para peretes (hecker) tidak dapat merusak dan membobol dan merusak jaringan hostpot dalam usaha yang jalankan. Dengan penggunaan program ini dapat menutupi pengeluaran yang digunakan saat memulai usaha hotspot. Sementara dalam penggunaan aplikasi anti virus, computer yang saya gunakan tetap terjaga dan terlindungi dari ancaman virus yang dapat merusak PC atau leptop, sehingga usaha saya dapat berjalan lancar.
            Sementara hasil yang diperoleh saat menyampaikan keluhan kepada pihak Telkom dimana pihak Telkom dengan tanggap mencoba mambantu untuk mengatasi masalah tersebut dengan penambahan daya dari 1Mbps menjadi 2/3Mbps, sehingga akses ke internet menjadi cepat dan tidak ada lagi keluhan dari para pelanggan sehingga para pelanggan merasa puas.
            Untuk hasil yang diperoleh, dengan penyediaan sebuah genset sebagai alternative jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik tidak akan menjadi sebuah masalah karena genset tersebut dapat menjadi sumber listrik sementara sehingga pelanggan tidak merasa kecewa saat listrik padam.
L.     Laporan Keuangan dan Analisis Laba Rugi
1.      Tabel 1. Kebutuhan Investasi
No
Keterangan
Unit
Jumlah (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Mikrotik router os lisence6
1 unit
1.500.000
1.500.000
2
WMIA165G dan  Adoptor
1 unit
500.000
500.000
3
Cok rool
1 buah
10.000
10.000
4
Network cabel
50 m
5.000
50.000
6
Instalasi antena
1 unit
50.000
50.000
7.
Setting Hotspot
1 Unit
150.000
150.000
Jumlah
2.260.000

2.      Tabel 2. Biaya Oprasional per priode pemeliharaan
No.
Kateranagan
Unit
Jumlah (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Pembuatan voucher
400 lembar
1.000
400.000
2
Komunikasi dan lain-lain
-
100.000
100.000
3
Transportasi
-
100.000
100.000
Total Biaya Variabel
60.000

3.      Biaya operasional per periode
      = Total biaya tetap + Total biaya variable
      = Rp 2.260.000 + Rp 600.000
      = Rp 1.660.000



4. Penerimaan Per periode
      - Penjualan voucer 400 lembar x Rp 10.000 = Rp 4.000.000
        Total penerimaan                                    = Rp 4.000.000

5. Keuntungan
      Keuntungan per Satu periode      = Total penerimaan-Total biaya operasional
                                               = Rp 4.000.000 – 1.660.000
                                               = Rp 2.340.000

6. B/C Rasio
      B/C           = Pendapatan/Biaya
           = 4.000.000
               1.660.000

           = 2,40

·         Dari hasil B/C rasio diatas dapat disimpulkan bahwa usaha hotspot akan mendapatkan keuntungan dan keberlanjutan usaha karena hasil B/C rasionya di atas 1.

M.   Dokumentasi Usaha
1.      Tempat Hotspot
2.      Penyetingan hotspot

3.      Pelanggan yang sedang beli voucher

4.      Pelanggan yang sedang di luar online

5.      Pelanggan yang sedang mengalami kesulitan login

6.      Pembuatan voucher

7.      Atena Hotspot


N.    Manfaat usaha
Manfaat dari pembuatan usaha yang saya jalankan yaitu saya mampu membangun suatu usaha sekaligus menjadi pembelajaran kewirausahaan yang nantinya akan menjadi modal utama bagi saya untuk bersaing dalam masyarakat luas untuk berwira usaha dalam bidang khususnya hotspot. Selain itu pula, dengan adanya badan usaha yang saya jalankan, dan mampu memberikan kontribusi dalam hal penyediaan internet kepada masyarakat.
Dari beberapa pengamatan yang saya dapatkan dalam usaha ini, manfaat yang saya dapatkan juga dapat mendorong masyarakat dalam membuka usaha seprti ini yaitu usaha hotspot atau penjualan pulsa, karena usaha ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dijalankan bagi pengguna baru yang akan menjalankan usaha ini. Manfaat lain dari usaha hotspot ini dapat juga memberikan motivasi kepada masyarakat luas dalam bidang usaha ini.  Karena selain mudah untuk dijalankan atau mengoprasikan usaha ini, juga dapat memberikan pembelajaran bagi wirausahawan muda atau pemula untuk menjadikan usaha ini sebagai kesibukan mencari uang.
Usaha ini juga menumbuhkan jiwa dan semangat perwirausaha dalam diri saya serta memberikan manfaat ekonomi dan social bagi orang-orang yang tinggal di sekitar lokasi usaha saya. Selain itu dengan menjalankan usaha ini, saya ditempa menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, sabar, tekun, pantang menyerah, dan bermental kuat. Diman dalam usaha ini saya memanajemen sebaik mungkin waktu yang ada agar aktifitas perkuliahan tidak bertabrakan dengan usaha yang saya jalankan. Dalam menjalankan usaha ini saya menyadari bahwa untuk menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah banyak proses dan rintangan yang saya hadapi tetapi disisi lain, menjadikan saya pribadi yang bermental kuat yang siap bangkit kembali jika terjadi kegagalan dalam usaha yang saya jalankan.

O.     Kesimpulan
Dari usaha ini dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain yaitu saha hotspot yang saya jalankan saat ini, merupakan salah satu rintisan usaha yang terbilang baru, hingga dalam pelaksanaanya cukup mendapat kendala baik dari segi pendistribusian barang, bahan baku, maupun dalam hal penyetingan jaringan.  Namun kami sangat optimis bahwa usaha yang saya bangun akan mendaptkan respon yang luar biasa dari konsumen.



























Tidak ada komentar: