Kamis, 10 Oktober 2013

Klasifikasi penduduk berdasarkan mata Pencaharian



A.    Sejarah Singkat Kelurahan Tondonggeu
            Desa Wonua merupakan desa Transmigrasi. Mata pencaharian sebagian besar adalah petani sawah, bertani sayur-sayuran, sebagian ada yang memiliki pekerjaan sambilan sebagai peternak sapi, kambing, ayam dan itik. Desa Wonua merupakan desa pemekaran Desa Lawoila dan menjadi desa definitife yang dipimpin oleh Kepala Desa berturut-turut :Mahruf dan Suyanto sampai dengan sekarang. Desa Wonua terus memacu diri dalam mengejar ketertinggalannya degan harapan dapat setara dengan Desa-desa lain yang lebih dulu ada di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan Provensi Sulawesi Tenggara.
Desa Wonua terletak pada perbatasan antara Desa Masagena, Lawoila dan Desa Moramo Utara.  Desa Wonua adalah salah satu Desa di Kabupaten Konawa Selatan yang merupakan pemekaran dari Desa Lawoila dengan luas wilayah 210 Ha dengan jumlah penduduk 865 Jiwa. Desa Wonua terdiri dari 4 Dusun, 3 RW dan 4 RT.


B.     Letak Geografis
Desa Wonua merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Dimana Desa Wonua memiliki luas wilayah sekitar 210 ha. Desa Wonua juga memiliki 4 dusun yang terdiri dari Dusun 1, Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 4.
Desa Wonua memiliki batasan-batasan wilayah, yakni :
1.      Sebelah  Utara berbatasan dengan Desa Cialam Jaya dan Baruga.
2.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Lawoila.
3.      Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Lawoila.
4.      Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Cialam Jaya.
            Topografi desa Wonua merupakan dataran rendah. Desa Wonua memiliki bentuk wilayah datar hingga berombak.  Desa wonua memiliki tanah sawah irigasi teknis seluas 70 ha,  luas empang/kolam 5 ha, luas lapangan olahraga 1 ha, luas TPU 1 ha dan luas tanah keperluan fasilitas sosial 480 m2.
C.   Struktur Penduduk/Struktur Demografis
1)         Keadaan Penduduk Menurut Jenis Kelamin
            Dari hasil pendataan diketahui bahwa jumlah penduduk Desa Wonua sebanyak 915 jiwa, dan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 251 KK. kemudian jumlah warga yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Keadaan Penduduk Menurut Jenis Kelamin

No.
Jenis kelamin
Jumlah (orang)
1.
Laki-laki
470
2.
Perempuan
445
Total
915
Sumber :Hasil survey Mahasiswa  Peternakan (Unhalu) KKP Angk. XXI



2)         Keadaan Penduduk Menurut Mata Pencarian
Mayoritas mata pencaharian penduduk  di Desa Wonua adalah petani. Hal ini disebabkan karena sudah turun temurun sejak dulu bahwa masyarakat adalah petani dan juga minimnya tingkat pendidikan menyebabkan masyarakat tidak punya keahlian lain dan akhirnya tidak punya pilihan lain selain menjadi Petani.
Lebih lanjut keadaan penduduk Desa Wonuamenurut Mata Pencaharian dapat dilihat pada Tabel 5 :
Tabel 2. Keadaan Penduduk Menurut Mata Pencaharian
No.
Jenis Mata Pencaharian
Jumlah (orang)
1.
Petani
159
2.
Wiraswsta
81
3.
PNS
6
4.
TNI/POLRI
1
5.
Honor
2
6.
Lain-lain
4
Jumlah
253
Sumber :Hasil survey Mahasiswa Unhalu (Peternakan) KKP Angk. XXI
D.    Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang memadai disuatu daerah dapat membantu mempercepat kemajuan, baik itu pembangunan daerah maupun sumber daya manusianya dan juga merupakan salah satu indikator untuk mengetahui keadaan sosial, ekonomi dan budaya yang berkembang disuatu daerah adalah dengan melihat keadaan sarana dan prasarana sosial ekonomi kehidupan.  Sarana dan Prasarana yang tersedian di Desa Wonua adalah sebagai berikut : Balai Desa, Gedung Posyandu, Gedung PKK, Masjid, Jembatan, Mushola, Deker, Lapangan Desa, Persawahan, Sekolah TK, SD dan SMA, Balai Kesehatan Ternak dan lain-lain.

E.     Struktur Organisasi
            Struktur organisasi kantor Kelurahan Tondonggeu terdiri atas:
Struktur Organisasi
Pemerintah Kelurahan Tondonggeu

KEPALA DESA
SUYANTO



KEPALA TEKNIS


SEKRETARIS DESA
MUH. DAFID


KEPALA DUSUN I
KARTONO




KEPALA DUSUN II
KALAM




KEPALA DUSUN III
BAMBANG TOTO




KEPALA DUSUN IV
 IMAM BASORI


F.     Potensi Masyarakat/ Sistem dan Prosedur Kerja
Desa Wonua merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Konda, yang dipimpin oleh Kepala Desa yang berada di bawah naungan dan tanggung Jawab Lurah. Untuk melaksanakan tugas-tugas Pemerintah pada Desa Wonua Kecamatan Konda maka diperlukan koordinasi yang baik dengan beberapa aparat lainnya seperti aparat desa serta faktor-faktor pendukung lainnya baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).
KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa :
1.      Desa Wonua merupakan desa transmigran yang Mata pencahariannya sebagian besar adalah petani sawah.
2.      Desa Wonua merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan, Dimana Desa ini memiliki luas wilayah sekitar 210 ha. Dan desa ini memiliki 4 dusun yang terdiri dari Dusun 1, Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 4.
3.      Dari hasil pendataan diketahui bahwa jumlah penduduk Desa Wonua sebanyak 915 jiwa, dimana jumlah jenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 470 jiwa dan jumlah jenis kelamin prempuan yaitu sebesar 445 jiwa.
4.      Sarana dan Prasarana yang tersedian di Desa Wonua adalah sebagai berikut : Balai Desa, Gedung Posyandu, Gedung PKK, Masjid, Jembatan, Mushola, Deker, Lapangan Desa, Persawahan, Sekolah TK, SD dan SMA, Balai Kesehatan Ternak dan lain-lain.
5.      Srtuktur organisasi terdiri dari Kepala Desa, Sekertaris Desa, Kepala Teknis, Kepala Dusun 1, Kepala Dusun 2, Kepala Dusun 3 dan Kepala Dusun 4.
6.      Potensi Masyarakat dan Prosedur Kerja Pemerintah pada Desa Wonua diperlukan koordinasi yang baik dengan beberapa aparat lainnya seperti aparat desa serta faktor-faktor pendukung lainnya baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).

Tidak ada komentar: